Karsa Institute Bangun Huntap di Banawa Tengah

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Senin, 20 Januari 2020

Karsa Institute Bangun Huntap di Banawa Tengah


Karsa Institute Palu, bekerja sama dengan LPTP Solo, Karina Jogja, Cordait Belanda, dan Emergency Response Capacity Building (ERCB) membangun Hunian bagi 116 Kepala Keluarga di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah. Hunian ini didesain tahan gempa dan aman bagi penghuninya.

Koordinator lapangan Karsa Institute, Hamdan, ditemui Minggu (12/5/2019) mengatakan, Hunian yang dikenal dengan rumah tumbuh tersebut dibangun diatas lahan milik para korban bencana dengan luas 5×4 meter persegi dengan anggaran sebesar Rp10 juta rupiah.

“Semua bahan bangunan rumah tumbuh ini dari kayu sehingga aman bagi penghuninya. Pada tahap pertama rumah tumbuh dibangun sebanyak 44 unit,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini Karsa Institute sudah merampungkan pembangunan 20 unit dan mulai ditempati. Menyusul tahap kedua sejumlah 14 unit. Rumah tumbuh tersebut akan menjadi hak milik penerima.
 
Menurut Hamdan, rumah tumbuh dikerjakan secara gotong royong oleh para penerima sebagai bentuk partisipasi. Selain itu, Karsa Institute juga membangun irigasi untuk mengairi kurang lebih 20 hektare sawah petani dan perahu gio untuk nelayan di wilayah tersebut.

“Kalau rumah tumbuh sudah rampung, program selanjutnya Karsa Institute akan melakukan pemulihan ekonomi selama satu tahun lebih di desa Limboro. 

Kami sudah menerima usulan program dari masyarakat misalnya pemulihan terumbu karang, penanaman mangrove, rompong dan kerajinan sarung Donggala,” terangnya. (Sember Berita Media Palu Ekspres Fajar)

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage
Dirgahayu ke 20 Tahun Karsa Institute (KARSA Inisiatif Timur Indonesia) | |